Sebagai blogger yang baik, gue sering mampir untuk berkunjung ke blog tetangga sebelah terkadang sekedar cuma buat iseng baca postingan atau sekedar nyari-nyari informasi tentang persiapan nikah yang diperlukan. Beberapa hari lalu gue iseng baca blog tetangga dan ada tips tentang menyusun panitia acara, dan gue mau sharing apa aja yang diperlukan untuk menyusun panitia acara.
Salah satu hal yang harus disiapkan di acara pernikahan adalah Susunan Panitia Acara, kalau kalian bekerjasama dengan WO mungkin gak perlu ngurusin ini, tapi karena gue lakuin semua tanpa WO sepertinya hal ini harus gue sharing.
Di bawah ini adalah kira-kira gambaran buat kalian-kalian yang mau ngejadiin keluarga kawan atau sahabat untuk jadi WO di acara pernikahan kalian, so cekidot guys :
SUSUNAN PANITIA ACARA
PENASEHAT:
1.
_______________
2.
_______________
3.
_______________
KETUA
PANITIA: _________________________
(biasanya sepuh dan tetua yg udah berpengalaman)
(biasanya sepuh dan tetua yg udah berpengalaman)
WAKIL
KETUA : _________________________
(yang agak muda biar bisa gercep dan sigap)
(yang agak muda biar bisa gercep dan sigap)
SEKRETARIS:
_________________________
(untuk urusan cetak potokopi rundown, ngatur semua urusan administrasi, surat menyurat dll)
(untuk urusan cetak potokopi rundown, ngatur semua urusan administrasi, surat menyurat dll)
BENDAHARA:
_________________________
(untuk urusan pegang duit dan ngurusin duit hari H, bayar keamanan, parkir, dan biasanya biaya-biaya tak terduga)
(untuk urusan pegang duit dan ngurusin duit hari H, bayar keamanan, parkir, dan biasanya biaya-biaya tak terduga)
1.Sie
Acara
a.
Koordinator: __________________________
b.
Anggota: __________________________
__________________________
__________________________
Mengatur
dan mengkoordinir acara pada waktu akad nikah dan resepsi sesuai
dengan run down acara.
Melakukan check ulang mengenai kesiapan dan
kelengkapan keperluan acara. Bertanggung jawab juga untuk mengatur
dan memastikan vendor entertainment, kesiapan MC dan flow tamu di
atas panggung)
Ps: kalo bisa seksi ini agak banyak dan yang gercep yah)
Ps: kalo bisa seksi ini agak banyak dan yang gercep yah)
2.
Sie Among Tamu
a.
Koordinator: __________________________
b.
Anggota: __________________________
__________________________
__________________________
Mengatur
flow tamu saat memasuki ruangan. Bekerja sama dengan pihak
photographer dan acara dalam mengatur Pemotretan Pengantin dengan
tamu VIP (jika ada).
CATET: memastikan para among berada di tempat sbelum acara dimulai dan posisi para among serta membriefing tugas mereka
CATET: memastikan para among berada di tempat sbelum acara dimulai dan posisi para among serta membriefing tugas mereka
3.
Sie Penerima Tamu/Buku Tamu
a.
Anggota: __________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Mengawasi
pengisian buku tamu.
Penerimaan
Hadiah.
Menyampaikan
souvenir ucapan terimakasih.
Bekerja
sama dengan Sie. Among Tamu, memberitahukan bila ada VIP Guest yang
datang (jika ada)
CATET: bertanggung jawab dalam menjaga kunci gembok tempat amplop uang hingga akhir acara bekerja sama dengan Sie. Keamanan.
CATET: bertanggung jawab dalam menjaga kunci gembok tempat amplop uang hingga akhir acara bekerja sama dengan Sie. Keamanan.
4.
Sie Keamanan
a.
Koordinator: __________________________
b.
Anggota: __________________________
__________________________
__________________________
Mengatur,
menjaga dan mengawasi keamanan di area sekitar Venue dan melakukan
tindakan prefentif bila terjadi hal yang tidak diinginkan
Bekerja
sama dengan Sie. Among Tamu dan Sie. Penerima Tamu dalam mengawasi
dan bertanggung jawab untuk keamanan penerimaan kado.
Bekerja
sama dengan Sie Konsumsi dalam mengatur Flow makanan dari pihak
Catering, dan melakukan tindakan yang diperlukan bila terjadi hal
yang tidak sesuai dengan panduan acara pada saat persiapan hidangan,
dan saat berlangsungnya acara.
Bekerja
sama dengan Sie. Kostum dalam mengawasi hal kostum.
5.
Sie Transportasi
a.
Anggota: ___________________________
___________________________
___________________________
___________________________
Melaksanakan
Kegiatan Transportasi Pengantin, Keluarga dan Panitia.
Bekerja
sama dengan Sie Acara untuk mengatur transportasi yang diperlukan
agar pelaksanaan acara berjalan lancar.
6.
Sie Konsumsi
a.
Koordinator: ___________________________
b.
Anggota: ___________________________
___________________________
Mengawasi
persiapan hidangan dan selama hidangan disuguhkan.
Bekerja
sama dengan Sie Keamanan dalam mengatur Flow makanan dari pihak
Catering, dan melakukan tindakan yang diperlukan bila terjadi hal
yang tidak sesuai dengan panduan acara pada saat persiapan hidangan,
dan saat berlangsungnya acara.
CATET: Cek piring kotor dan memastikan buffet atau stall tidak kehabisan makanan.
CATET: Cek piring kotor dan memastikan buffet atau stall tidak kehabisan makanan.
7. Sie
Dekorasi/Perlengkapan
Koordinator:
___________________________
Anggota:
___________________________
___________________________
___________________________
Mengawasi
penempatan dan pengaturan dekorasi.
Memeriksa
semua peralatan perlengkapan yang diperlukan untuk acara akad dan
resepsi.
Bekerja
sama dengan dengan Sie yang lain guna kelancaran acara.
8.
Sie Kostum & Make Up
Ketua:
__________________________
Anggota:
__________________________
__________________________
Mengatur
dan berkomunikasi dengan pihak perias dan sanggar baju pengantin
untuk periasan Keluarga dan Pengantin
Memeriksa
kelengkapan kostum pengantin,keluarga, dan lain lain yang diperlukan
untuk acara Akad dan Resepsi.
Bertanggung
jawab atas pengaturan kostum-kostum baik yang disewakan dan dimiliki
sendiri.
Bekerja
sama dengan Sie Keamanan dalam menjaga kostum
CATET:
Mengatur dan memastikan jadwal Make Up dan hair do among tamu sesuai
waktu sebelum acara dimulai.
No comments:
Post a Comment