Catatan Harian Musisi Galau

Catatan Harian Musisi Galau
My Second Book "Bride and Groom's Story

Tuesday 27 April 2010

Seandainya gue "masih" punya Bokap...


Bokap itu sebenernya bahasa "Gaul" yang artinya Ayah atau Bapak, sebenernya pengen banget gue manggil seorang sosok yang paling utama di keluarga gue dengan panggilan "Papa", tapi seseorang itu udah ga ada karena beliau udah dipanggil duluan sama yang Maha Kuasa tepatnya pada tahun 1988, beliau meninggal karena sakit kencing manis atau Diabetes yang dideritanya, ga ada kenangan yang bisa gue inget dari sosok bokap karena saat itu gue belum sempat merasakan kasih sayang beliau, seinget gue kalo bokap pulang kerja naek mobil, sebelum mobil masuk garasi pasti gue sama abang gue langsung rebutan naek kedalem mobil itu padahal mobilnya cuma mau masuk ke garasi rumah aja tapi gue berdua udah seneng, yah namanya juga anak-anak...(^_^)

Pada saat bokap meninggal waktu itu umur gue baru 4 tahun dan abang gue umurnya 7 tahun masih kecil banget dan saat itu gue belum punya Facebook apalagi Twitter (ya iyalahh..) yang gue inget waktu itu cuma ada mobil Ambulance yang masuk ke garasi rumah, gue baru sadar artinya sosok seorang ayah saat mulai beranjak dewasa, misalnya saat gue ngeliat temen2 waktu SD rapotnya diambil sama papanya, trus liat temen2 dianter ke sekolah sama papanya dan moment-moment lain dalam hidup yang selalu ada hubungannya dengan sosok seorang Ayah atau satu lagi berdiskusi dengan bokap gue kira2 jurusan kuliah apa yang harus gue ambil dan cocok untuk masa depan gue nantinya, Gue ga tau gimana rasanya kalo gue jalanin kehidupan ini dengan adanya sosok seorang Ayah, akan seberat inikah..?? ato mungkin akan lebih mudah..?? Gue pun ga mau menyalahkan takdir, karena ini semua pasti udah diatur oleh Sang Maha Kuasa bahwa saat umur 4 tahun gue harus kehilangan sosok seorang Ayah, gue terima semua dengan lapang dada apa aja yang udah digariskan.


Semenjak ditinggal bokap, akhirnya nyokap menjadi Single Parent berjuang sendirian bekerja sebagai Pegawai Negeri di sebuah Departemen milik pemerintahan, dan gue ga ngebayangin gimana beratnya beban nyokap untuk membesarkan dan mendidik gue sama abang gue sendirian, tapi gue beruntung masih punya sodara2 dari bokap yang lumayan berada, dan akhirnya bisa membantu biaya sekolah gue berdua, tapi walaupun baik, ada jugalah sodara-sodara lain yang kurang baik sama keluarga gue. Masa kecil gue cukup lumayan dan sedikit menyedihkan, dulu keluarga gue belum punya TV berwarna dan kalo mau nonton film harus maen ke rumah tetangga sebelah, gue inget banget filmnya yang lagi beken yaitu Film MacGyver, ya, itu film yang sangat terkenal pada zaman gue dulu dan pada saat itu belum ada sinetron seperti sekarang ini yang episodenya bersambung terus ga ada abisnya kaya film Tersanjung 10 atau Cinta Fitri 4... Karena gue ga punya TV Alhamdulillah ada sodara gue yang berbaik hati mau menyumbangkan TV bekasnya ke gue, yah lumayan jadinya bisa nonton Film MacGyver di rumah gue sendiri..hehe

Dari dulu keluarga gue itu ga punya rumah sendiri dan setiap 2 tahun sekali pindah rumah, kalo seinget gue udah sampe 8x kali gue hidup bernomaden alias berpindah-pindah karena dulu rumah yang ditempatin keluarga gue itu ternyata rumahnya kakak bokap dan setelah bokap meninggal akhirnya sekeluarga keluar dari rumah itu dan pindah ke rumah laen, tapi gue bersyukur banget ternyata gue masih punya kakek yang sayang banget sama gue, mungkin beliau tau diantara semua cucunya cuma gue aja yang ga punya sosok seorang Ayah mangkanya kakek gue itu sayang banget sama gue, dan sering membelikan apa aja yang gue mau dan kadang ngajak gue jalan2 ke luar kota. Kakek gue punya rumah di lampung isinya ada 13 kamar dan rumah itu adalah warisan buat anak cucunya kelak.

Alhamdulillah di tahun 2010 ini rumah itu laku juga dan duitnya dibagi ke 13 anak-anaknya termasuk nyokap gue dan akhirnya gue bisa punya rumah sendiri deh,tapi sayangnya duit warisan itu kayanya ga cukup untuk membeli rumah karena harga rumah sekarang mahal-mahal banget,tapi semoga aja ada jalan keluar dari masalah ini, oya kembali ke cerita kakek gue, di tahun 2000 Allah kembali memanggil orang yang gue sayang yaitu kakek gue, dan yang bikin sedih disaat nafas terakhirnya gue ga ada disamping beliau, padahal kata sodara gue yang ada di Rumah Sakit sebelum meninggal kakek nanyain gue terus dan saat itu gue lagi ujian sekolah jadi ga bisa dateng, sampe sekarang gue masih nyesel banget, untuk menebus kesalahan gue, satu pesen yang selalu gue inget yaitu kakek selalu ngingetin untuk selalu menjaga solat 5 waktu,dan disetiap akhir solat gue selalu doakan beliau karena emang cuma itu yang bisa gue lakukan untuk mendoakan beliau supaya beliau tenang berada disisi-NYA.

Abang gue sekolah di SMA 100,dan selama dia sekolah dia ga tinggal di rumah tapi tinggal di rumah sodara gue karena biaya sekolah dan biaya kuliahnya dibiayain sama sodara,akhirnya abang gue pun lulus dari Universitas Jayabaya menyandang gelar Sarjana Hukum mengikuti jejak Almarhum bokap. Karena abang gue ga tinggal di rumah jadi dia ga tau gimana susahnya nyokap kerja sebagai single parent tapi sebagai abang dia baik banget sama gue, walaupun jarang ketemu tapi gue yakin dia mikirin nyokap dan gue yang ada dirumah. Abang gue sekarang udah berkeluarga dan dia punya 1 anak cewe yang lucu banget dan mirip sama nyokap, seneng banget kalo ngeliat keluarga kecil dari abang gue dan gue pun selalu berdoa semoga abang gue murah rejeki dan keluarganya bisa menjadi keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah. Amin





Kehidupan gue pun ga jauh beda, sejak lulus SMA gue tinggal di rumah sodara juga, karena gue kuliah dibiayain sama sodara nyokap gue itu dan akhirnya gantian abang gue tinggal dirumah jagain nyokap, awalnya enak juga tinggal di rumah sodara karena menu makanannya enak-enak..hehe, tapi kok lama kelamaan gue seperti.. mmm apa ya,bisa dibilang seperti "pembantu laki-laki" yang ada di rumah itu, yah mungkin emang itu resikonya kalo kita tinggal sama orang laen mau rajin salah, kalo males malah tambah salah, tapi gue bersyukur kok karena akhirnya gue bisa kuliah walaupun jurusan itu bukan jurusan yang gue inginkan, dan yang ngebuat gue pusing adalah saat pertengahan semester ternyata om gue udah ga bisa biayain uang kuliah gue lagi, dan akhirnya gue pun cuti dari kuliah dan mulai cari kerjaan sampingan sebagai pramuniaga toko sepatu di mal-mal terkenal di Ibukota,



Ada cerita menarik yang gak akan gue lupakan pas gue kerja di toko sepatu itu, gue kan a big fans from Dian Sastrowardoyo jadi klo kerja di toko sepatu itu kita siap untuk diroling ke toko laen dan saat itu gue kebagian di roling dari toko yang di Senayan City ke Plaza Senayan, awal gue kerja dsitu masih belum bisa neima keadaan dan kesel banget kenapa harus gue yang diroling, eh pas gue lagi berdiri sambil mikirin nasib tiba2 dari kejauhan muncul sesosok wanita cantik masuk ke toko dan ternyata dia adalah... DIAN SASTRO... wah gue ketemu sama dian sastrooo...hahaha, waktu itu gue bener-bner ga percaya kalo itu Dian Sastro ternyata dia lagi nyari tas langsung aja gue layanin dia dengan sebaik mungkin, dan pas dia mau bayar gue minta foto bareng deh sama dia... ternyata dari hal ini gue belajar bahwa dibalik sesuatu hal yang mungkin ga sesuai dengan apa yang kita inginkan ternyata pasti ada hikmahnya... yah kita jalanin aja hidup ini mengikuti segala ketentuan-NYA..


Selain karena keasyikan kerja, ditambah aktivitas gue yang padet sebagai anak band yang sedang berjuang untuk mengejar mimpi-mimpinya, kuliah gue pun berantakan...!!! yup, kuliah gue berantakan, saat temen-temen udah diwisuda dan mulai mencari kerja kesana-kemari, hidup gue masih begini-gini aja, belum ada yang spesial, mimpi dan cita-cita gue belum kesampean, kuliah gue ga selesai-selesai, dan gue belum bisa bahagiakan nyokap. Tapi mau ga mau gue harus tanggung jawab atas apa yang salah dalam langkah kehidupan gue, dan gue pun harus tetap berjuang dengan sisa-sisa kepingan semangat yang masih gue punya,

Oya gue baru aja dapetin foto kenangan terakhir keluarga gue kumpul bareng waktu lebaran tahun 1987, brati itu setahun sebelum bokap gue meninggal, foto ini diambil waktu acara Lebaran di Lampung, cuma ini doang kenangan yang gue punya, gue bisa merasakan kehadiran Orang Tua secara utuh sebagai sebuah keluarga kecil, tapi kebersamaan itu cuma sebentar karena setahun kemudian bokap gue meninggal...


Panjang juga sekilas cerita tentang hidup gue, yah semuanya emang ga mungkin terulang kembali, gue jalanin takdir hidup kalau ternyata di umur 4 tahun udah kehilangan sosok seorang Ayah, sekarang yang bisa gue lakukan adalah selalu menjaga dan menyayangi satu-satunya Orang Tua yang masih gue punya yaitu "My Lovely Mom...", gue akan selalu ada buat dia akan selalu ada disamping nya, karena selama 20 tahun lebih beliau berjuang sendirian untuk membesarkan gue, kasi makan gue, sekolahin gue dan yang bisa gue lakukan buat bokap adalah selalu mendoakan beliau di akhir solat gue, karena emang cuma itu aja yang bisa gue lakukan untuk beliau, bokap gue dikubur di Tanah Kusir dan lumayan jauh dari rumah, biasanya gue nyekar ke kuburan beliau pas mau bulan puasa aja, karena emang jaraknya yang jauh dari rumah. 

Gue emang belum pernah ngeliat langsung wajah beliau, gue cuma bisa melihat wajah beliau di bingkai foto yang ada di tembok rumah gue, tapi gue selalu berdoa dan berharap semoga beliau tenang di Alam sana (waktu nulis ini ga sengaja gue denger lagunya d'masiv Rindu 1/2 Mati, jadi tambah sedih..) Salam rindu untukmu, ijinkan sekali ini aja gue untuk berkata "PAPA Miss U..."




No comments: