Catatan Harian Musisi Galau

Catatan Harian Musisi Galau
My Second Book "Bride and Groom's Story

Thursday 4 September 2014

Mengurus Surat Numpang Nikah ke Kantor Urusan Agama (Episode Ketiga)

How Are You Bride To Be / Groom To Be...

Alhamdulillah gue sudah melewati episode pertama dan kedua dalam beberapa bulan menuju proses wedding party gue dan semuanya dilewati tanpa halangan. Setelah mendapat restu orang tua kemudian memilih-milih lokasi atau gedung resepsi langkah ketiga yang gue lakukan adalah mengurus Surat Rekomendasi Numpang Nikah. 

Berhubung gue menikah di Gedung Lemigas Cipulir dan itu berarti gue harus menyiapkan surat Rekomendasi Numpang Nikah.

Yang pertama kali harus gue lakuin adalah :

1. Minta surat pengantar dari RT setempat.
 

Syarat-syaratnya:
a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan lo)
b.  Fotocopy KK

c.  Fotocopy KTP & KK kedua orang tua kita
d. Materai 6000 untuk di cantumkan pada surat pernyataan belum pernah menikah yang diberikan RT.  


Tahap pertama yang harus gue lakukan adalah datang ke RT setempat untuk memberitahukan bahwa gue mau menikah di bulan Desember tahun ini. Setelah ketemu Bapak RT kemudian disini gue akan mendapatkan surat pengantar untuk kelengkapan di kelurahan.
  
Salah satu berkas yang harus dilengkapi adalah mengisi "Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah" dan di tandatangan diatas materai 6rb, form tersebut berisi pernyataan bahwa calon mempelai pria/wanita masih berstatuskan single dan belum pernah menikah sebelumnya.

Menurut gue, bagus juga sih dengan adanya form ini, nantinya tidak akan ada yang berani memalsukan statusnya untuk ke jenjang pernikahan yang lebih sakral. Tahap ini merupakan awal kejujuran yang dibangun oleh kedua mempelai sebelum keduanya memasuki ke proses berikutnya. #tsaah #Aseek.

 Form "Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah"

Tahap kedua yang harus dilakukan adalah :

2. Langkah selanjutnya adalah minta surat pengantar ke Kelurahan setempat.
 
Syarat-syaratnya:
 
a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan lo)
b. Fotocopy KK
c. Surat pengantar RT/RW
d. Bawa pas foto selengkap-lengkapnya berbagai macam ukuran. karena pasti bakal di minta banyak.  perbanyak saja untuk ukuran 2×3 dan 3×4
e. Bawa Fotocopy KTP & KK orangtua.

Setelah beres urusan di RT, kemudian Pak RT menyuruh gue ke kantor RW untuk melengkapi berkas-berkas selanjutnya, di kantor RW semua tanda tangan dan cap langsung diurus oleh petugas RW, urusan surat menyurat ini cepet selesai karena kebetulan pengurus RW kenal sama abang gue. 

Setelah surat dan berkas sudah ditandatangani dan dikasi cap oleh pengurus RW, gue langsung kasi duit untuk biaya pengurusan ini, saat itu gue cuma kasi uang buat beli rokok dan kopi untuk keamanan yang bertugas di kantor RW. 

 
 Surat Pengantar dari Kantor RW

Urusan surat menyurat dan pengurusan berkas dari RT/RW sudah beres, langkah selanjutnya adalah gue harus ke kantor kelurahan mengurus berkas-berkas yang harus di bawa ke KUA.

Beberapa minggu setelah mengurus surat ke kantor RT/RW gue melanjutkan misi untuk mengurus berkas selanjutnya, yaitu ke kantor kelurahan Malaka Jaya. Berkas yang sudah dicap dan ditanda tangani oleh Pak RT dan Pak RW dibawa langsung ke kantor kelurahan, dan hari itu juga semua berkas gue selesai.

Kantor Kelurahan Malaka Jaya

Nah surat pengantar dari kelurahan ini ada 3 yaitu N1, N2 dan N4.
surat N1 ini berisi surat keterangan untuk nikah
surat N2 ini berisi surat keterangan asal-usul
surat N4 ini berisi surat keterangan tentang orang tua.



Surat pengantar dari Kelurahan

Satu hal yang bikin gue salut terhadap pelayanan untuk masyarakat di kantor pemerintahan saat ini adalah ternyata semua dilakukan serba cepat, yup ini gue rasain banget saat ngurus berkas di kantor kelurahan, semua berkas gue selesai hari itu juga dan pegawai kelurahan langsung merekomendasikan gue untuk mengantar berkas yang sudah selesai persyaratannya ke KUA Duren Sawit.

Dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah :

3. Langkah terakhir adalah ke KUA buat minta surat rekomendasi pindah nikah ke tempat tujuan.
 

Syarat-syaratnya:

a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan lo)
b. Fotocopy KK
c. Fotocopy KTP & KK kedua orang tua kita
d. surat pengantar dari kelurahan ( N1,N2 dan N4)
e. Bawa foto 2×3 dan 3×4

Bertahun-tahun gue tinggal di daerah jakarta timur gue sama sekali belum tau dimana KUA Duren Sawit, yah wajar aja sih ya gue kan belom pernah menikah, jadi setelah dapet info dimana alamat KUA Duren Sawit gue langsung meluncur ke TKP. 


Petunjuk arah satu-satunya yang dikasi tahu oleh petugas kelurahan adalah lokasi KUA ini di seberang Rutan Pondok Bambu gak sampe beberapa meter di seberang jalan ada papan petunjuk KUA, gue langsung belok kanan masuk ke dalam gang dan menemukan KUA yang bersebelahan dengan kantor kelurahan Duren Sawit.

KUA Kec. Duren Sawit

Jl. Pahlawan Revolusi Telp. 021 860257

Lokasinya tepat di sebelah Kelurahan Duren Sawit (Pondok bambu)

KUA Kec. Duren Sawit

Setelah parkir motor pada tempatnya gue langsung masuk ke dalam menuju petugas pelayanan KUA, eh sampai disini ada satu hal yang bikin gue sumringah, ternyata yang mengurus surat rekomendasi numpang nikah ini adalah tetangga abang gue. Alhamdulillah wa syukurillah gue bener-bener spechless.


Sambil menunggu petugas KUA yang notabene adalah tetangga abang gue mengetik berkas dan surat rekomendasi nikah, gue duduk manis di depan ruang tunggu kantor KUA.

Selesai mengetik data kemudian gue dipanggil,

" Rezy.... ini suratnya sudah jadi..." Kata tetangga abang gue.

kemudian dia bilang lagi...,

"Oh ya... Ini kalo mau dibawa ke KUA sana jangan lupa disertakan fotocopy KK sama KTP ya dan foto 2x3 dan 4x6 ya..." Beliau menerangkan.

"Iya makasi banyak bu... Jadi berapa semuanya bu??" Tanya gue basa basi.

"Ah... sudah bawa ajah..." Kata dia sambil tersenyum.

"Wah... Alhamdulillah... Makasi banyak bu..." Jawab gue kegirangan sambil cium tangan beliau  dan kemudian beranjak pergi sambil lari-lari kecil.

 Surat Rekomendasi Numpang Nikah

Dari KUA ini dapet surat rekomendasi pindah nikah yang diperluin buat daftar ke KUA tempat menikah

Syarat-syarat buat ngedaftar ke KUA yang akan dituju:

a. Surat rekomendasi pindah nikah dari KUA asal
b. Fotocopy KTP CPW + CPP
c. Fotocopy KK CPW + CPP
d. Foto berwarna 2×3 & 3×4 bawa aja masing-masing 4 lembar
e. Fotocopy ijazah terakhir CPW + CPP
f. Fotocopy Akta lahir CPW + CPP


Alhamdulillah ya Allah beres juga kegiatan gue untuk mengurus Surat Rekomendasi Numpang Nikah, dari awal mau bikin surat ini gue udah membayangkan betapa ribet dan rempongnya saat kita harus berhadapan dengan kantor pemerintahan yang berbelit-belit dan birokrasi compleks, tapi ternyata setelah gue lewatin prosesnya semua berjalan dengan mudah.

Setelah mengalami semuanya gue semakin yakin bahwa kalo kita mau niat untuk menikah semuanya insya Allah akan DIMUDAHKAN...

Bersambung ke episode selanjutnya...

Coming soon!!!

36 comments:

Unknown said...

Bang pas ente ngurus pindah nikah di kelurahan apa gak disuruh balik lagi ke RT RW minta tanda tangan mereka? soalnya calon ku kok diminta balik lg k RT RW minta ttd di formnya, padahal dia sudah bawa surat pengantar dr RT/RW nya

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Maaf ya baru bales.

Di kelurahan gak disuruh balik lagi kok karena semua berkas udah lengkap tanda-tangannya dari RT/RW

Alismuiz said...

Jadi harus ke RT RW... waah saya sedikit bermasalah, soalnya tempat saya terlalu desa sehingga RT/RW ga ada kontornya, terus lagi ga jelas RT RW berapa.. kalau kayak gni apa boleh langsung ke Desa ya?

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Kalo setau saya harus ke RT RW untuk melengkapi semua berkasnya, kalo di desa mungkin bisa minta bantuan sama kepala desanya

Unknown said...

Halo, Mas Rezy. Makasih banyak ya buat post-nya. Membantu banget, serius deh, hehe.

Hope the wedding was great! Selamat menempuh hidup rumah tangga yang bahagia. :D

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo Duma makasi ya sudah mampir ke blog gue dan Alhamdulillah kalo post-nya bermanfaat... hehe

Amin, Terima kasih ya doanya.

Dita said...

Hi mas, salam kenal..

Sebelumnya thank utk infi diatas..
kebetulan ada yg mau saya tanyain nih, klo utk CPW apa harus ngurus ke RT.. RW.. Kelurahan dan KUA setempat?

Soalnya KTP saya di pondok kelapa,
Domisili rawamangun,
Nikah di Jakarta pusat.

Kalo bisa, tolonh bantu info tentang CPW nya ya mas.. makasih banyak sebelumnya

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Hai Dita, salam kenal juga...

Setau saya CPW juga harus melengkapi syarat-syarat yang diajukan, jadi harus ke RT,RW, kelurahan juga, ke KUA sesuai dengan lokasi nikah.

Acara resepsi pernikahan saya kemarin di Gedung Lemigas Cipulir, dan wilayah Cipulir termasuk dalam wilayah KUA Kebayoran Lama, jadi kita harus mendaftarkan acara pernikahan kita berdua di KUA Kebayoran Lama.

KTP kamu di Pondok Kelapa berarti kamu harus ke RT,RW, KEL Pondok Kelapa kemudian membawa berkas-berkas ke KUA daerah Jakarta Pusat.

Setau saya seperti itu, supaya lebih jelas coba kamu tanya ke RT rumah kamu yang di Pondok Kelapa ya..

I M A said...

Mau tanya bg, kira2 mempersiapkan dan mengrus berkas2 itu brpa bulan sebelum hari H ya bg? Tolong infonya bg

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo Ima, maaf baru bales ya,

Biasanya mengurus berkas itu bisa 2 bulan atau 3 bulan sebulan sebelum hari H, supaya kita bisa punya jadwal yang pas dengan pengulu yang akan menikahkan.

Unknown said...

Wah kebetulan lg ngurus dokumen ini juga nih.

Itu surat rt sama rw beda lembar yah? Yang saya kok 1 lembar bareng lembar rt yah(ada ttd, cap rt dan rw) atau tiap rt/rw itu beda beda yah formnya?

Btw sukses ya nikahannya

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Hallo bro Angger,

Iya beda lenbar bro, ada 2 lembar. Dari RT saya dikasi form pernyataan bahwa belum pernah menikah itu ada cap dari RT, nah kalo dari RW ada form juga. Nantinya 2 form itu yang dibawa ke kantor kelurahan.

Mungkin setiap RT berbeda-beda bro.

Makasi bro, sukses juga ya acara resepsinya...

Unknown said...

Hai rezy, numpang tanya kemarin pas ngurus di kelurahan & kua tempat kita ktp calonnya jadi diminta juga ga y??
Trus utk pas foto calon kita juga diminta ga y??

Adi said...

Terima kasih mas Rezy postingannya sangat membantu saya untuk melengkapi persiapan syarat2nya..biar ga bolak balik saat ngurusnya nanti..

Ada 1 pertanyaan mas.. Kebetulan saya masih 4bulan lagi dari Hari H..apakah bisa mengurus dari sekarang? Adakah syarat H- brp waktu mas rezy ke KUA?

Terima kasih.

Unknown said...

kalo aq. suruh ngurusin pak moden gk pake ke rt ato rw,nunggu persyaratan aja dari pak moden,beres,trus bayar adminitrasi desa,slesai,

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo bro Rio Mardani, maaf baru bales ya,

Untuk prepare lebih baik dibawa aja KTP calonnya ya supaya gak bolak balik, semoga lancar sampai hari H yaa...


Halo bro Adi Dwi Prasetyo, maaf juga baru bales,

Lebih cepat lebih baik bro, dari sekarang juga bisa diurus karena kita harus menyesuaikan jadwal dengan pak penghulunya.
smoga lancar sampai hari H yaa...

Unknown said...

Thanks infonya gan..

Unknown said...

Wah, makasih banget broo.. Nice post!
Ane sekarang lagi mau ngurus nih, ngebayanginnya udah males aja takut ribeeet. Hhe..
Yang ane bingung ngasih ongkosnya nih. Kan sebenernya ga ada tarif resminya. Kalo ga dikasih takut cemberut. Hahaa.. Enaknya kasih berapa ye buat masing masing tempat?
Eh iya, btw, akhirnya pake fotokopi KTP calon perempuannya gak mas bro?
Semoga ente cepet baca comment ane dan cepet balesnye..

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo bro Maryadi maaf banget baru bales komennya.

Untuk masalah ongkos, di setiap tempat beda-beda bro kalo di RT kebetulan karena gue kenal jadi gue cuma bawa kue bolu aja buat RTnya, trus pas di kelurahan gue cukup bayar untuk dana PMI waktu itu gue kasi 20rb, dan di KUA Alhamdulillah karena kenal jadi gak bayar, mungkin kalo yang ngurus laki-laki bisa kasi aja uang rokoknya.

Fotocopy KTP calon perempuan dibawa aja bro, buat jaga-jaga.

Semoga lancar sampe hari H ya bro...

Unknown said...

Mas rezy mo nanya itu untuk surat belum pernah menikah, yg tanda tangan saksi 1 ama saksi 2 spa y
?

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo Bro Indra Irmawan,

Untuk di surat keterangan belum menikah kemarin yang tanda tangan itu kakak ipar dan sepupu saya, setau saya siapa aja sepertinya boleh tanda tangan sebagai saksi di surat itu.

Unknown said...

Mas rezy, mau tanya..
Kalo kita pindah rumah,, alamat d ktp msh alamat rumah lama, apa kt mnta surat ket RT/RW ny sesuai sm KTP atau RT/RW di alamat rumah sekarang??

Makasih maa

Unknown said...

Mas bro rezy...
Saksi yg ttd di surat kterangan blum mnikah siapa aja yah???
Org tua kta sendiri bisa ga ???
Pas fto d klurahan n d kua d minta jga mas brow???

kekem said...

klo tidak ada ijazah bagaimana?

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

@ Rizma : Sesuai sama alamat di KTP yang sekarang aja ya supaya lebih gampang bikinnya.

@ Ahmad Wahyu : Untuk saksi bisa kakak ipar atau sepupu juga bisa jadi saksi nikah...

@ Kekem : Hmm... saya kurang tau juga kalo gak ada ijasah gimana, coba tanya Ketua RT nya aja yaa...

Unknown said...

bagus om infonya, bermanfaat sekali
souvenir pernikahan murah

Unknown said...

Bro Rezy, thx bgt infonya, sangat membantu buat kita2 yg awam ngurus masalah2 gni hehehe

Resep Masakan said...

Terima kasih mas,
Sangat membantu saya yang akan mengurus surat pengantar nikah.

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Sama-sama bro @HeriPurnomo, @AgungSaputro, dan @Resep Masakan, makasi yaa udah mampir ke blog gue, semoga yang sedang mengurus surat-surat dilancarkan sampai hari H yaa...

Amiinnn...

Unknown said...

Bang itu fotonya hitam putih atau warna yah ?
Ga harus sama dengan foto ktp kan yah.

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

@ sapto subhan : Fotonya warna aja sekalian buat di buku nikah juga, foto yang ganteng ya, kan ini sekali seumur hidup... hehe

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Rezy Bardinal Latif. S.E said...

- GUEPEDIA PUBLISHING PROUDLY PRESENT... -

Sebuah Karya Buku Kedua Dari Seorang Musisi Gagal Yang Banting Stir Menjadi Penulis Buku...

Mulai hari ini buku kedua @rezybardinal "Bride and Groom Story"(Semua Akan Menikah Pada Waktunya)

Buku ini berisi tentang pengalaman gue saat mempersiapkan pernikahan, cerita seru hunting gedung, cerita seru hunting souvenir dan cerita seru lainnya tertulis rapi di buku ini, dan di dalam buku ini juga ada alamat lengkap contak person gedung-gedung di jakarta dan KUA.

Buku ini sudah bisa dipesan di beberapa toko buku online di bawah ini :

1.Tokopedia.
https://www.tokopedia.com/guepedia/bride-and-grooms-story-1…

2.Bukalapak.
https://www.bukalapak.com/…/2m6ybq-jual-buku-bride-and-groo…

3. Olx.com.
http://olx.co.id/iklan/bride-and-grooms-story-IDjc8V1.html

4. Dinomarket.com
http://www.dinomarket.com/…/95…/Jual-Bride-And-Grooms-Story/

5. Hargabukuonline.com
http://hargabukuonline.com/details.php?id=825

6. Guepedia.com
http://store.guepedia.com/product/bride-and-grooms-story/

7. Kaskus.co.id
http://fjb.kaskus.co.id/…/57bd2ce7…/bride-and-grooms-story/…

Preview My Second Book "Bride and Groom Story" (Semua Akan Menikah Pada Waktunya)
--> http://rejiaqubardinal.blogspot.co.id/…/preview-my-second-b…

For order wa/sms = 081316698053

Buku juga akan tersedia dalam versi ebook via Google Playstore...

Best Regards

@rezybardinal

Chirpstory http://chirpstory.com/li/326987

Unknown said...

Mas, berkas yang dibawa untuk mengurus surat pindah nikah ke kua apa diminta oleh kua atau dibawa lagi untuk diserahkan di kua tujuan?

Terima kasih mas

Unknown said...

Mas, berkas yang dibawa untuk mengurus surat pindah nikah ke kua apa diminta oleh kua atau dibawa lagi untuk diserahkan di kua tujuan?

Terima kasih mas

Anonymous said...

bang mau nanya yang tanda tangan surat ketrangan menikah itu saksi nikah atau siapa bang?