Catatan Harian Musisi Galau

Catatan Harian Musisi Galau
My Second Book "Bride and Groom's Story

Tuesday 23 September 2014

Merangkai dan Merias SESERAHAN... (Episode Ke Sembilan)

Good Morning Jekardaah...!!!

Baru kali ini gue sekarang jadi aktif banget nulis di blog tentang prepare acara wedding party gue, dalam seminggu gue bisa nulis 2 sampe 3 posting baru di blog dan semoga tulisan gue ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. 

Di penghujung bulan September ini gue udah masuk ke episode yang ke sembilan dan sekarang gue mau bahas tentang Serahan. Semua calon pengantin pasti tau kalo seserahan adalah salah satu hal penting dalam pesta pernikahan. Seserahan merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga wanita. 

Menurut adat istiadat masyarakat Jawa, seserahan biasa diserahkan pada malam midodareni. Sedangkan untuk adat istiadat masyarakat Sunda, seserahan tersebut diserahkan pada saat ngeuyeuh seureuh. Namun, sebagian besar masyarakat juga biasa menyerahkan seserahan pada saat akad nikah.

Bagi penganut adat Jawa, seserahan yang wajib diberikan adalah pakaian bagi wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pakaian ini bisa disimbolkan dengan kebaya beserta kain bawahan.

Sebelum menyiapkan seserahan, ada baiknya capeng membuat daftar barang-barang yang akan dibeli. Hal ini bisa digunakan sebagai satu cara untuk menentukan budget serta untuk menentukan kapan mulai membeli seserahan tersebut. Dalam adat Jawa, seserahan sebaiknya diberikan dalam jumlah ganjil. Sedangkan jumlah seserahan yang ditentukan itu tergantung dari kesepakatan bersama.

Ketika membeli barang-barang seserahan, sebaiknya mempelai wanita ikut hadir. Mengapa demikian? Seserahan adalah barang-barang yang akan diberikan untuk pihak wanita, maka sebaiknya barang-barang yang dibeli juga sesuai dengan selera dan pilihan mempelai wanita. Jangan lupa untuk membeli kotak/wadah seserahan yang sesuai dengan pilihan Anda. Gue coba browsing di internet dan di bawah ini ada 9 barang yang wajib ada dalam seserahan.

Barang-barang inilah yang wajib ada dalam seserahan:

1. Alat sholat
Alat sholat (bagi pasangan muslim) merupakan simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri harus selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan berupa alat sholat bisa dijadikan simbol pengingat suami istri kepada Tuhan.

2. Satu set cincin nikah
Satu set cincin nikah yang berbentuk bulat tanpa putus ini memiliki makna bahwa cinta sepasang pengantin ini akan abadi selamanya. Cincin ini juga merupakan simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa bersama sampai akhir hayat.

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian
Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini adalah diharapkan pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga diharapkan tidak mengecewakan keluarga barunya.

4. Seperangkat busana putri
Busana putri yang dimaksud di sini adalah bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik. Seperangkat busana ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

5. Buah-buahan
Buah-buahan, khususnya pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan agar cinta di antara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. 

6. Makanan tradisional
Makanan tradisional yang biasa diberikan untuk seserahan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

7. Suruh ayu
Suruh ayu adalah satu set daun sirih yang mempunyai makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh. 

8. Peralatan makeup
Peralatan makeup yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.

9. Sepatu/selop
Sepatu atau selop biasa disertakan dalam daftar barang seserahan. Maknanya adalah agar kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Selain itu, kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang lurus dan menjaga hubungan pernikahan mereka selamanya.

Sembilan barang di atas adalah barang yang wajib ada dalam seserahan. Biasanya, jenis makanan khas juga banyak disertakan dalam seserahan. Untuk barang tambahan lain, tentu terserah kedua belah pihak. Untuk kita berdua seserahan untuk hantaran pernikahan juga udah disiapkan.

Sebagai calon suami idaman dan bapak rumah tangga yang baik gue yang harus bertanggung jawab menyiapkan biaya untuk membeli barang-barang seserahan yang diperlukan, dan calon bini gue dengan senang hati menghabiskan duit yang gue kasi,

"Kapan lagi bisa ngabisin duit calon suami gue..." Gitu katanya. *elus-elus dompet.

Untuk urusan pembelian barang seserahan gue serahkan semua ke calon bini gue, biarlah dia yang menentukan barang apa saja yang dia perlukan. Setelah barang seserahan dibeli kita juga harus menyiapkan kotak seserahan, dan kotak seserahan itu gue beli di toko souvenir yang terkenal sejagad raya dunia pernak-pernik pernikahan nama tokonya "Alfiandra Souvenir" yang mau tau cerita pengalaman gue beli kotak seserahan baca aja disini  

 Kotak Seserahan
"Setiap anak diwariskan tingkat intelektual dari kromosom 1 gen ibunya, bukan Ayahnya. Oleh karena itu carilah calon istri yang PANDAI, bukan yang cantik" (Genetika - dr.DR.Rina MASADAHSp.PA, M.phil)

Dari pernyataan diatas gue sangat bersyukur punya calon bini yang selain doi cantik, sholehah, sayang dan perhatian sama gue, ternyata doi PANDAI dan kreatif juga. Pada awalnya untuk merangkai seserahan kita mau ke daerah mayestik yang terkenal dengan tempat merias seserahan, atau juga ada di deket statsiun cikini, tetapi ternyata calon bini gue mau mencoba untuk merangkai dan merias seserahan sesuai keinginannya sendiri. 

Setiap weekend saat libur kerja, calon bini gue mengeluarkan ide kreatifnya untuk merangkai dan merias kotak seserahan supaya terlihat lebih cantik dan indah dipandang, akhirnya setelah berjibaku dengan gulungan pita emas, hiasan bunga-bunga, double tape, kertas warna-warni, plastik, gunting dan perkakas lainnya, selesai sudah merias dan merangkai kotak seserahan.

 

 Hasil karya merangkai seserahan

Sepatu dan tas kerja

Total kotak seserahan untuk dibawa saat acara lamaran nanti ada 6 kotak, belum termasuk cincin perhiasan yang gue berikan sebagai mas kawin. Memang gak begitu banyak, tapi isi dalam kotak itu adalah barang yang diperlukan oleh calon bini gue sebagai bekal persiapan kelak untuk mengarungi mahligai rumah tangga bersama gue nanti.

Kira-kira apa saja isi dari kotak seserahan gue itu???

  • KOTAK 1 (Perlengkapan Sholat)

  1. Al-Quran.
  2. Sajadah.
  3. Mukena.
 
  • KOTAK II (Perlengkapan Kantor)
  1. Sepatu Kantor.
  2. Tas Kantor.

  • KOTAK III (Underware)

  1. Bra.
  2. Underware.
 
  • KOTAK IV (Perlengkapan Mandi)

  1. Handuk Terry Palmer bertuliskan nama kita berdua.
  2. Shower Puff.
 
  • KOTAK V (Make Up Stuff)
  1. Semua perlengkapan make up.
 
  • KOTAK VI 
  1. Bed cover. 
Kira-kira begitulah isi dari kotak seserahan yang kita siapkan berdua untuk bekal perjalanan hidup kita nanti. Memang bukan barang yang mewah yang gue berikan, bukan juga yang ekslusif bentuknya. Tapi dengan seserahan yang gue berikan itu adalah sebagai bukti bahwa gue sudah siap untuk menghabiskan sisa hidup gue bersama dengannya.


3 comments:

Unknown said...

halo agan.. saya jadi cengar cengir pas di kalimat:
"Kapan lagi bisa ngabisin duit calon suami gue..." Gitu katanya. *elus-elus dompet.
jhihi.. sya sbg cewek juga kepikiran gitu gan hehe, seneng banget dikasih uang banyak buat belanja seserahan alias buat beli keperluan calon istri. semanget deh kalo urusan shopping hehe..
saya juga sebulan lagi mau merried gan :) lagi bingung soal seserahan mesti apa aja biar langsung didaftarin dari sekarang, dan cara ngemasnya gimana gitu hehe..
pengalaman yg menarik..
salam kenal yaa...

Rezy Bardinal Latif. S.E said...

Halo Inna, salam kenal juga yaa,

Begitulah adanya sudah kewajiban dan tanggung jawab seorang laki-laki dewasa harus bekerja kerasa supaya bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya kelak, tugas seorang istri adalah mendoakan supaya suaminya banyak rezeki.. hehe

Wah sebulan lagi mau merid yaa?? didoain semoga lancar ya sampai hari H acaranya, salam kenal juga sis.

Yopi said...

Tempat Jual
Kotak Hantaran
di KotakHantaran.Com